Jumat, 27 Juni 2008

Cara Membentuk Lingkungan Anak Anda

  1. Sederhanakan lingkungan anak Anda. Ada banyak cara yang dapat anda pakai untuk menciptakan lingkungan bagi anak Anda sehingga dapat mendorong perilaku yang pantas. Misalnya, pindahkanlah barang-barang dalam rumah yang dapat menyebabkan anak Anda mengalami kesulitan. Orangtua yang mempunyai anak-anak kecil dapat mempertimbangkan untuk membeli piring dari tempat makanan yang tidak bisa pecah. Letakkan benda-benda berharga di luar jangkauan anak Anda. Anda juga dapat menyediakan rak yang cukup rendah bagi anak Anda untuk menyimpan barang-barang miliknya.
  2. Perkayalah lingkungan anak Anda. Anda dapat menyediakan area khusus atau ruang bermain bagi anak Anda. Ini bisa di dalam rumah, di luar rumah, atau di dalam garasi, namun dalam ruang ini anak Anda tahu bahwa mereka bebas untuk bereksplorasi atau berkreasi.
  3. Batasi lingkungan anak Anda. Satu cara untuk mengurangi tingkah laku buruk adalah dengan maembatasi lingkungan anak Anda. Hindarilah membawa anak ke tempat-tempat yang tidak memungkinkan bagi mereka untuk makan, beristirahat, pergi ke kamar kecil, atau bereksplorasi. Hindari untuk membawa anak Anda untuk menyaksikan film yang jelas mengandung kekerasan atau adegan seksual yang dapat menyebabkan dia takut atau bingung.
  4. Jagalah rumah Anda agar teratur. Usahakan agar rumah Anda bersih dan rapi. Ingatlah, ketika rumah Anda bersih serta rapi dan segala sesuatu dikembalikan ke tempatnya, semuanya menjadi lebih aman dan mudah bagi Anda dan anak Anda. Dan tentukanlah waktu yang tetap untuk tindakan rutin.
(Dawn Lighter, MA)

Tidak ada komentar: